Toolkit Pemberdayaan Perempuan dalam Proses Pemukiman Kembali: Pemindahan Warga Kampung dan Partisipasi Perempuan

Home / Research & Publications / Toolkit Pemberdayaan Perempuan dalam Proses Pemukiman Kembali: Pemindahan Warga Kampung dan Partisipasi Perempuan

Toolkit Pemberdayaan Perempuan dalam Proses Pemukiman Kembali: Pemindahan Warga Kampung dan Partisipasi Perempuan

Mulai tahun 2015 Center for Election and Political Party (CEPP) FISIP Universitas Indonesia menjalin kerjasama dengan Warwick University untuk memajukan ilmu pengetahuan melalui penelitian, pengembangan dosen, konferensi dan kegiatan akademis lainnya. CEPP bertekad agar dapat berkontribusi dalam perdebatan akademis untuk memajukan isu – isu yang berhubungan dengan kebijakan2 partai politik terutama isu gender, di dalamnya termasuk upaya memajukan partisipasi dan representasi perempuan dalam proses2 pengambilan kebijakan.

Untuk itu melalui kerjasama penelitian ini dihasilkan panduan yang berjudul Toolkit Pemberdayaan Perempuan dalam Proses Pemukiman Kembali: Pemindahan Warga Kampung dan Partisipasi Perempuan. Toolkit sangat penting bagi pemegang kuasa di tingkat perkotaan pada khususnya dan juga Pemerintahan Nasional sebagai acuan dalam implementasi kebijakan penataan pemukiman. Penggusuran daerah kampung atau kawasan kumuh di kota-kota besar dianggap sebagai harga dari wajah pembangunan fisik. Tidak jarang pula, memunculkan efek negatif, terutama bagi mereka yang terdampak kebijakan. Sementara dalam konstitusi kita menyejahterakan rakyat (bisa dalam bentuk fisik lahiriyah) dan mencerdaskan bangsa dalam bentuk batiniah menjadi visi kebangsaan dan negara Indonesia. Apalagi bila bicara tentang keadilan gender dalam konteks sejahtera dan mencerdaskan tersebut masih tetap harus diperjuangkan.

Panduan ini merupakan hasil penelitian antara CEPP dengan Warwick University yang berjudul The Empowerment of Women-Headed Household in Jakarta’s Slum Area: Achieving Gender Equality and Creating Inclusive, Safe, and Sustainable Settlement.

Panduan ini dapat menjadi pegangan bagi semua pengambil kebijakan baik politisi, maupun elit birokrat serta para akademisi.

Anda bisa mengunduh Toolkit Pemberdayaan Perempuan dalam Proses Pemukiman Kembali: Pemindahan Warga Kampung dan Partisipasi Perempuan dalam bahasa Indonesia di sini dan bahasa Inggris di sini

Toolkit Pemberdayaan Perempuan dalam Proses Pemukiman Kembali
Recent Posts
Hubungi Kami

Silahkan isi pertanyaan, saran dan kritik anda, terima kasih.

Not readable? Change text. captcha txt

Start typing and press Enter to search

29365476216_42b135e071_o