“Pemilih Muda Sadar Gender”, Siap Menyambut Pilkada DKI Jakarta 2017

Home / Event / “Pemilih Muda Sadar Gender”, Siap Menyambut Pilkada DKI Jakarta 2017

“Pemilih Muda Sadar Gender”, Siap Menyambut Pilkada DKI Jakarta 2017

By
In Event

Gerakan independen dan non-partisan Rock The Vote Indonesia, bertujuan mencerdaskan anak muda untuk dapat lebih memahami politik, demokrasi, dan pemilu. Kegiatan ini dirancang dengan pendekatan budaya populer (pop-culture) dengan gaya anak muda. Isu serius seperti kebijakan yang berpihak kepada perempuan dan anak, yang diharapkan menjadi program kerja kandidat terpilih, didiskusikan dengan santai, di ruang terbuka, dipenuhi gelak tawa, bersama para tutor terlatih.

Selain itu, para peserta nonton dan diskusi film pendek berjudul “Perempuan Harus Bersuara”. Mereka juga diajak untuk melakukan simulasi pemilu (election mock). Acara ini semakin semarak karena para peserta juga terlibat dengan menampilkan kreasi mereka dalam bentuk tarian, nyanyian, puisi dan teatrikal, serta atraksi dari berbagai komunitas: karate, sulap, dan penampilan marawis.

Gerakan ini merupakan investasi demokrasi Indonesia dalam mempersiapkan 100 tahun kemerdekaan Indonesia tahun 2045. Pada tahun tersebut, para peserta dan para penggerak kegiatan ini akan berada pada posisi sebagai pengambil keputusan yang akan menentukan masa depan bangsa dan negara, sebagai Presiden, Wakil Presiden, Menteri, Gubernur, Bupati, Wali Kota Anggota Legislatif, Birokrat, Penegak Hukum, Kelompok Bisnis,  Militer, Media, Akademisi, Insyinyur, Petani, Nelayan, dan lain-lain. Diharapkan pada tahun 2045, debat-debat politik yang berbicara mengenai program sudah menjadi hal yang umum, dan partisipasi masyarakat secara luas dalam pembahasan tersebut sudah menjadi hal yang sangat biasa.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Center for Election and Political Party (CEPP) FISIP Universitas Indonesia yang berkolaborasi bersama Asosiasi Dosen Ilmu Politik Indonesia (ADIPI) dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (KPPPA RI). CEPP FISIP UI memiliki jaringan di 45 PTN/PTS di 34 Provinsi di Indonesia. Selain di Kampus Universitas Indonesia, kegiatan ini juga dilakukan di Kampus Universitas Syiah Kuala, Aceh, Kampus IAIN Sultan Amai, Gorontalo, dan di Kulon Progo, yang diselenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Kegiatan ini juga akan diikuti oleh kampus-kampus lain di bawah jaringan CEPP.

Recent Posts
Hubungi Kami

Silahkan isi pertanyaan, saran dan kritik anda, terima kasih.

Not readable? Change text. captcha txt

Start typing and press Enter to search

kopi-darat-netizen-blogger-DPR-RI-CEPP-FISIP-UI29365476216_42b135e071_o