Analisis Sosio-Gender dalam Pembangunan PLTS Berbasis Komunitas di Pulau Tomia, Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Bagian 6)

Home / Research & Publications / Analisis Sosio-Gender dalam Pembangunan PLTS Berbasis Komunitas di Pulau Tomia, Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Bagian 6)

Analisis Sosio-Gender dalam Pembangunan PLTS Berbasis Komunitas di Pulau Tomia, Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Bagian 6)

Desa Lamanggau

Desa Lamanggau berada di Kecamatan Tomia. Desa ini hanya bisa ditempuh dengan menggunakan pompong (perahu motor) selama 20 menit dari Dermaga Waitii. Desa Lamanggau terdiri dari tiga dusun: Lasoilo, Dunia Baru dan Ketapang. Selain suku Buton yang menjadi mayoritas di Pulau Tomia, di Desa Lamanggau terdapat Suku Bajo yang menghuni Dusun Lasoilo. Mayoritas penduduk desa bermatapencaharian sebagai nelayan.

Desa Lamanggau mendapatkan aliran listrik selama 12 jam per harinya. Listrik untuk desa disuplai dari PLTD Swasta, milik PT. Wakatobi Dive Resort. Warga desa mendapatkan listrik bebas biaya sebagai bagian dari CSR PT. Wakatobi Dive Resort. Listrik masih dipergunakan untuk penerangan dan hiburan. Desa ini memiliki potensi ekonomi berupa hasil laut, tidak adanya listrik membuat tangkapan nelayan tidak optimal, karena hasil tangkapan tidak bisa bertahan lama tanpa adanya es batu dan lemari pendingin. PLTS Berbasis Komunitas diharapkan dapat meningkatkan tingkat kesejahteraan masyarakat Desa Lamanggau.

Recent Posts
Hubungi Kami

Silahkan isi pertanyaan, saran dan kritik anda, terima kasih.

Not readable? Change text. captcha txt

Start typing and press Enter to search